Social Icons

Pages

Wednesday, December 22, 2010

Hayabusa Motor Jalanan Tercepat di Dunia

Gambar
Warner (dok Brock Performance)
Pertarungan memecahkan rekor kecepatan hingga saat ini terus terjadi. Dan yang paling baru, seorang pembalap berhasil mencapai kecepatan hingga 448,3 km per jam. Dengan kecepatan tersebut, motor pun memecahkan rekor untuk menjadi streetbike tercepat di dunia.
Adalah seorang bernama Bill Warnet yang memecahkan rekor tersebut di Texas, Amerika Serikat belum lama ini. Untuk memecahkan rekor tersebut, Warner menggunakan Suzuki Hayabusa bermesin 1.299 cc yang sudah dilengkapi dengan turbocharger.
Pembangunan motor ini dilakukan Warner secara bertahap dalam 3 hari
penyelenggaraan Texas Mile yang melibatkan 76 motor dan 173 mobil yang beradu kecepatan. Sebelum mencetak kecepatan 442,3 km per jam, Warner sebenarnya sudah mampu mencapai angka 435,6 km per jam dan mematahkan rekor lama 420,8 km per jam yang dicetak pada bulan Maret 2010.

“Saya secara bertahap membuat perubahan pada konfigurasi yang ada di motor untuk memaksimalkan akselerasi di setiap gigi, berusaha untuk memanfaatkan semua horsepower yang tersedia,” ungkap pembalap berusia 41 tahun ini seperti dilansir Motorcycle USA, Rabu (8/12/2010).
Adapun motor Suzuki GSX1300R Hayabusa yang digunakan Warner adalah lansiran tahun 2005. Di tangan Warner, motor ini memiliki tenaga hingga 650 hp dengan torsi mencapai 314 lb-ft.
Tenaga tersebut keluar dari mesin 1.299cc, Turbocharged, Liquid-cooled inline-4 yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi sebuah motor jalanan berkecepatan tertinggi di dunia.
Texas Mile sendiri merupakan lomba ngebut tahunan yang cukup unik. Digelar di Goliad, Texas, pembalap diharuskan memacu motor hingga kecepatan maksimum sejauh 1 mil, dan dalam jarak 0,5 mil berikutnya harus menghentikan motor.
Berikut spesifikasi Suzuki GSX1300R Hayabusa 2005 ala Warner.

Mesin:
Type: Liquid-cooled inline-4
Bore x Stroke: 81mm x 63mm
Displacement: 1299cc
Compression: 8.5:1
Redline: 12,000 rpm
Cylinder head: Stock
Valve train: DOHC, 16v
Cylinder head modifications: Ward Performance
Cams: Web Cam
Valves: Ferrea
Cam chain tensioner: Brock’s Performance
Cylinder: Stock, aluminum, linerless design
Cylinder bore coatings: Millennium
Pistons: MTC
Rings: MTC
Pins: MTC
Circlips: MTC
Crankshaft modifications: Falicon
Connecting rods: Crower
Main bearings: Stock
Big end bearings: Stock
Crankcase: Stock
Crankcase: modifications: Harry’s Machine
Oil pan baffle: Brock’s Performance
Transmission: 6-speed constant-mesh
Transmission modifications: R&D
Transmission bearings: Worldwide Bearings
Transmission coatings: Power-Coat
Shift shafts: Brock’s Performance
Clutch: MTC
Clutch type: wet, multi-stage lockup
Induction: Turbocharging
Turbo system: RCC Turbos
Turbocharger: Garrett
Heat exchanger: RCC Turbos
Bahan bakar: VP Racing Fuels C16
Top Speed: 448,3 km per jam
Daya: 650 hp
Torsi: 314 lb-ft


Sasis:
Frame: Stock
Frame modifications: McIntosh, raked +5 degrees
Subframe: McIntosh
Swingarm: McIntosh, 2-5 in. over stock
Wheelbase: 63 in.
Drive chain: Brock’s Performance/EK
Chain lubricant: Alisyn
Sprockets: Vortex
Front wheel: BST carbon fiber, 3.5 in. x 17 in.
Rear wheel: BST carbon fiber, 8.5 in. x 18 in.
Wheel bearings: Worldwide Bearings
Front tire: Continental 120/70×17 Race Attack
Rear tire: Continental 240/40×18 Race Attack Custom
Tire warmer: Woodcraft
Brake master cylinder: ISR
Brake calipers: Stock
Brake lines: Spiegler
Brake pads: Spiegler/Carbone Lorraine
Brake rotors: Spiegler/ABM
Brake fluid: Valvoline Dot 4
Front suspension: Stock 2008 Hayabusa, Ohlins springs
Steering damper: Ohlins
Rear suspension links: Brock’s Performance
Rear shock: Ohlins TTX
Bodywork: Custom
Fuel tank: Custom
Fuel capacity: 3.5 gallons
Paint: Color Concepts Auto Refinishing
Seat height: 28″
Weight: 590 pounds
(detikOto)

No comments:

Post a Comment

Seluruh artikel di blog ini adalah hasil dari copy paste dari berbagai sumber jadi mohon maaf sebelumnya kepada para original writer...