Social Icons

Pages

Wednesday, November 14, 2012

Peneliti Kanada mengklaim berhasil mendapatkan foto wajah Sasquatch

Seorang peneliti Kanada mengaku berhasil telah berhasil mendapatkan foto wajah Sasquatch, makhluk legendaris besar dan berbulu yang juga maskot olimpiade musim dingin 2010.


25 Februari 2010, Randy Brisson, seorang Cryptozolog terkenal dari Kanada membagi informasi ini dengan rekannya dari Rusia. Peneliti ini mengirimkan sebuah foto Sasquatch kepada Igor Burtsev dan Dmitri Bayanov, direktur International Center for Hominology. Brisson mendapatkan foto makhluk itu di Vancouver, kota tempat olimpiade musim dingin 2010 diselenggarakan.


Randy meyakinkan rekan Rusianya bahwa foto itu adalah foto makhluk legendaris Bigfoot, atau kadang disebut juga Sasquatch. Popularitas makhluk legenda ini telah membuat ia diterima sebagai maskot olimpiade musim dingin di Vancouver. Foto yang didapat Randy mengindikasikan bahwa makhluk ini mungkin berkeliaran di hutan di sekitar Vancouver.

Cryptozolog Kanada itu mengatakan bahwa ia melihat Sasquatch itu sedang mengintip dari balik batang kayu besar di dekat danau Pitt. Lokasi itu cukup jauh dari lokasi pertandingan Olimpiade.

Tahun lalu, Randy dan putranya Ray menjadi termashyur karena menemukan jejak-jejak besar di atas salju di sekitar jalan setapak di hutan yang sama. Di sekitar jejak itu, juga ditemukan jejak-jejak kaki yang lebih kecil. Jika melihat dari dua jenis jejak itu, Randy percaya bahwa makhluk itu mungkin sedang membawa anaknya.

Randy mengatakan kepada rekannya, peneliti Rusia, bahwa ia dan anaknya memutuskan untuk tidak mengejar makhluk itu karena makhluk itu telah melempar batu kepada mereka dalam usahanya untuk melarikan diri.

Jejak Sasquatch dewas yang ditemukan Randy tahun 2009

Ray sedang menunjuk lokasi penemuan jejak (2009)


Jejak Sasquatch kecil dibandingkan dengan kaki Randy (2009)

Kisah ini mungkin terdengar aneh atau seperti sebuah rekayasa, namun Burtsev dan Bayanov mengatakan bahwa mereka tidak pernah menemukan kekeliruan atau pemalsuan dalam penelitian Randy Brisson.

Jadi, sepertinya kalian harus memutuskan sendiri, apa yang ingin kalian percayai.

(english.pravda.ru)


Komentar Pilihan


Chris said...

Hmm..bigfoot,

Saya salut pada brother Inoshi yang sudah berhasil mengumpulkan argumen dan bukti2 yg menguatkan bahwa foto ini adalah hoax.


Saya pribadi berpendapat bahwa foto itu adalah hoax. Saya menilai foto itu tidak alami, kepala bigfoot yg tdk spt kebanyakan diketahui, posisi kepala terhadap tubuh yg saya rasa tidak matching/proporsional dgn semak2 yg menyelubunginya. Dari segi warna dan pencahayaan antara kepala bigfoot dgn semak2 juga kurang matching, saya rasa terlalu kontras, bla..bla.. (Cukup sampai dsana sj, krn ini hanya kesan yg saya rasakan thd foto itu, dan krn saya juga bukan ahli d bidang seperti itu).


Tapi apapun pendapat pribadi saya, tdk akan bisa menjadikannya hoax kalau tidak didukung bukti2.


Brother Inoshi sudah menjelaskan beberapa point yg menguatkan bahwa itu adalah hoax.


Tapi, semua argumen brillian itu akan tersandung oleh pernyataan media menyebutkan 2 peneliti Rusia di International Center of Hominology mengatakan bahwa Randy Brisson adalah seorang cryptozoologist yang bereputasi baik: '' The story may sound very strange, but Burtsev and Bayanov said that they had never exposed the Canadian of any falsifications in their studies of the unknown.''

(Sumber: english.pravda.ru/science/mysteries/25-02-2010/112381-sasquatch-0)

Wah, penilaian kita bisa jadi subjektif kalau hanya percaya dgn pernyataan media saja.


Tapi sebelum melompat pd point yg ingin saya sampaikan, saya setuju dgn seorang komentator yg mengatakan: tolong garisbawahi kata MEYAKINKAN. Dalam artikel aslinya juga dinyatakan hal yg sama:

''Brisson ASSURED his Russian colleagues that it was a photo of the legendary Bigfoot, or Sasquatch.''
(Sumber: english.pravda.ru/science/mysteries/25-02-2010/112381-sasquatch-0)

Walaupun mgkn agak remeh, tp sepertinya pertanyaan harus diajukan: ''Apakah Randy Bryson merasa koleganya itu TIDAK CUKUP YAKIN pada saat melihat foto kepala bigfootnya?" Kalau ya kenapa? Apa memang karena foto itu terlalu tidak meyakinkan? Memang kenyataannya seperti itulah foto itu. Jika ini benar hoax, maka sepertinya Brisson perlu bersusah payah meyakinkan kedua kolega Rusia-nya itu.


Mari kita tinggalkan pertanyaan itu. Ini point yg ingin saya tambahkan. Ingat, batu sandungan terhadap argumen2 teman2 semuanya diatas adalah klaim media bahwa Brisson memiliki reputasi yang baik

Jika ingin memuluskan bukti bahwa foto itu HOAX, maka kita perlu mencari bukti yg mengkonfrontir pernyataan media (pravda.ru).

Saya menemukannya.


Seorang yang bernick 'amcgrr' berkomentar di Cryptomundo.com tentang foto itu, saya kutipkan:


" amcgirr responds:

February 26th, 2010 at 12:57 pm

Hey all,

Just wanted to mention that the BCSCC has had dealings with Randy Brisson in the past and found him to be DUBIOUS and UNTRUSTWORTHY. He led some of our researchers on a wild goose chase back in the summer at Golden Ears national park after claiming he experienced rock-throwing incidents that he thought were definite sasquatch activity. He would fall back behind the group, throw some rocks and then catch up and say something like “Wow did you guys see that?!” The photo itself is quite old, I recall discussing it back in August 2009 and we all agreed it was a crude photoshop job at best."
Perhatikan kata yg saya tulis dgn huruf besar. Anda bisa temukan komentarnya pada komentar #1 disini:
www.cryptomundo.com/cryptozoo-news/brisson-bf2010/

Siapa 'amcgirr' ini? Ternyata dia adalah webmaster situs BCSCC (British Columbia Scientific Cryptozoologist Club), sebuah situs perkumpulah cryptozoologist Kanada. Silakan anda klik pada nick 'amcgirr' maka anda akan dibawa ke website BCSCC, www.bcscc.ca


Anda akan mendapati bahwa 'amcgirr' merujuk pada nama Adam McGirr, sebagai webmaster BCSCC dan satu FAKTA TERANG bahwa Randy Brisson TIDAK DIAKUI sbg cryptozoologist yg mempunyai REPUTASI baik. Lihat bagian 'Accredited Club Field Investigators' anda TIDAK AKAN MENEMUKAN nama Randy Brisson.
Semuanya bisa anda cek disini: www.bcscc.ca/committee.htm

Bagaimana menurut anda, apakah kisah ini sudah pantas disebut HOAX?
 
http://xfile-enigma.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Seluruh artikel di blog ini adalah hasil dari copy paste dari berbagai sumber jadi mohon maaf sebelumnya kepada para original writer...