Social Icons

Pages

Wednesday, July 17, 2013

Tidur Selama 309 Tahun

Kisah Islamiah kali ini bercerita pendek yang kisahnya dipetik dari ayat-ayat suci Al Qur'an surat Al-Kahfi tentang 7 pemuda yang tertidur selama 309 tahun. Mereka otomatis tidak makan dan tidak minum selama itu, namun badan mereka tetap utuh tidak dimakan tanah.
Subhanallah.


BERIKUT KISAHNYA.
Ashabul Kahfi adalah para pemuda yang diberi taufik dan hidayah oleh Allah SWT sehingga mereka beriman dan mengenal Rabb mereka. Mereka mengingkari keyakinan yang dianut oleh masyarakat mereka yang menyembah berhala.
Mereka hidup ditengah-tengah bangsanya sembari tetap menampakkan keimanan mereka ketimbang berkumpul sesama mereka, dan sekaligus karena khawatir akan gangguan masyarakatnya.

Akhirnya mereka bertujuh sepakat terhadap persoalan ini, mereka sadar, tidak mungkin menampakkannya kepada kaumnya. Mereka brdoa kepada Allah SWT agar memudahkan urusan mereka,
"Wahai Rabb kami, berilah kami rahmat dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami."

Mereka pun menyelamatkan diri ke sebuah gua yang telah Allah SWT mudahkan bagi mereka. Gua itu cukup luas dengan pintu menghadap ke utara sehingga matahari tidak langsung masuk ke dalamnya. Kemudian mereka tertidur dengan perlindungan dan pengawasan dari Allah SWT selama 309 tahun.

Allah SWT membuatkan atas mereka pagar berupa rasa takut meskipun mereka sangat dekat dengan kota yang mereka tempati dulu. Allah SWT sendiri yang menjaga mereka selama di dalam gua.
Allah SWT berfirman,
"Dan Kami bolak-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri."
(QS. Al-Kahfi: 18).

Demikianlah agar jasad mereka tidak dirusak oleh tanah. Setelah tidur sekian ratus lamanya, Allah SWT membangunkan mereka agar mereka saling bertanya, dan supaya mereka pada akhirnya mengetahui hakekat yang sebenarnya.
Allah SWT berfirma,
"Berkatalah salah seorang dari mereka:'Sudah berapa lama kalian menetap di sini?'
Mereka menjawab:'Kita tinggal di sini sehari atau setengah hari.'
Yang lain berkata:'Rabb kalian lebih mengetahui berapa lamanya kalian berada di sini."
Maka suruhlah salah seorang di antara kalian ke kota membawa uang perakmu ini."
(QS. Al-Kahfi: 19).

Setelah mereka tahu benar bahwa mereka telah tidur selama 309 tahun, maka mereka minta kepada Allah untuk dimatikan kembali.
Subhanallah.
Kisah lengkap dalam kitab suci Al Qur'an surat Al-Kahfi.
 
Sumber :
Kisah Teladan Islami 

No comments:

Post a Comment

Seluruh artikel di blog ini adalah hasil dari copy paste dari berbagai sumber jadi mohon maaf sebelumnya kepada para original writer...